Proyek Bersama Toyota dan Mazda Hampir Final – Promo Toyota Tangerang

Kolaborasi Toyota-Mazda global dalam berbagi pabrik di Amerika Serikat mulai menemui titik terang. Pasalnya, lokasi pabrik sudah menyempit menjadi dua pilihan saja: Alabama atau Carolina Utara. Seperti diwartakan situs Bloomberg, pabrik gabungan Toyota dan Mazda di Amerika Serikat sebelumnya memilih sejumlah lokasi potensial dan 15 wilayah negara bagian berebut mendapat kesempatan didirikan pabrik itu.

Mazda Toyota

Dari 15 negara bagian termasuk Mississippi, Illinois, Michigan, Ohio, Indiana, Texas dan Carolina Selatan. Mereka menunjukkan ketertarikannya untuk bisa dibangunkan pabrik di wilayah masing-masing. Wajar kalau berebut, karena ditaksir nilai pabrik gabungan itu mencapai $1,6 billion atau lebih dari Rp 20 triliun. Pabrik baru itu juga direncanakan memproduksi 300.000 unit per tahun dan diperkirakan bisa menyediakan 4.000 lapangan kerja baru bagi negara bagian yang beruntung.

Keputusan lokasi final, baru diumumkan awal tahun depan dari pihak terkait. Rencananya pada 2021 pabrik sudah mulai beroperasi. Toyota, saat ini punya pabrik penghasil mesin di Alabama. Di negara bagian itu, juga berdiri pabrik milik manufaktur Hyundai, Honda dan Mercedes-Benz. Sedang rencana untuk pabrik baru, Toyota memproduksi Corolla di sana. Sementara Mazda dikabarkan memproduksi mobil jenis crossover.

Pabrik baru gabungan Toyota dan Mazda, dinilai baik oleh banyak pihak. Khususnya Toyota, yang sebelumnya disindir oleh Presiden Donald Trump karena memilih membangun pabrik di Meksiko ketimbang Amerika Serikat. Sedang bagi Mazda, kesempatan ini menjadi titik kembalinya manufaktur Mazda untuk produksi lokal di negeri Paman Sam. Saat ini, lini modern Mazda dibangun langsung di Jepang.

Kerja sama Toyota-Mazda tak sekadar berbagi pabrik. Kedua manufaktur Jepang itu bakal berdampingan mengembangkan teknologi keselamatan, kendaraan elektrik dan sistem baru untuk infotainment. Bisa jadi pabrik baru nanti digunakan untuk memproduksi salah satu mobil elektrik, baik dari Toyota maupun Mazda.

SUMBER  : oto.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *