7 Fakta Ini Sebelum Beli Rush Baru

All new Toyota Rush sudah diluncurkan. Pemesanan pun sudah dibuka, meski harga dan penjualan resmi baru dimulai awal 2018 mendatang. Tertarik untuk memiliki Toyota Rush anyar? Ketahui dulu 7 fakta ini.

1. Platform Sama

Imbuhan nama All New memang melekat pada Toyota Rush. Selain generasinya memang baru, beragam perubahan signifikan juga terjadi. Tapi platform Rush baru masih sama dengan sebelumnya. Seperti jarak antar sumbu roda yang masih sama. Tapi ukuran sedikit diubah. Rush baru punya dimensi bodi lebih panjang dibanding sebelumnya.

2. Lebih Lega

Lantaran dimensi bodi lebih panjang ke belakang, Rush baru diklaim punya kabin lebih lega. Tak hanya baris pertama dan kedua, baris ketiga dan bagasi juga meningkat kelapangannya. Bayangkan kalau bangku baris ketiga dilipat. Bagasi Rush baru akan jauh lebih lega.

3. Mesin 2NR-VE

Jantung mekanis Rush baru juga barang segar. Mesin 2NR-VE, 4-silinder 1.5 liter Dual VVT-i. Kalau masih ingat, kode mesin itu juga yang tertanam pada Toyota Avanza dan Veloz. Daya yang dihasilkan mesin baru Rush itu 104 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncak 136 Nm pada 4.200 rpm. Memang outputnya lebih kecil dibanding Rush generasi sebelumnya. Alasannya untuk mengejar efisiensi lebih baik.

4. Masih Penggerak Belakang

Ya, Rush baru masih menggunakan sistem penggerak roda belakang. Mesin NR-VE memang dibangun untuk gerak roda belakang. Sistem itu punya karakter lebih kokoh yang dirasa pas untuk SUV dan diyakini memberi dorongan lebih baik saat kondisi jalan menanjak, misalnya. Tapi biasanya, kalau kondisi jalan basah dan licin, sistem gerak roda belakang berkurang keandalannya. Apalagi kalau tak punya kendali traksi. Minus lainnya, bobot lebih berat dibanding penggerak depan, yang bisa mempengaruhi efisiensi bahan bakar.

5. Jebolan Pabrik Daihatsu

Seperti Avanza dan Xenia, Rush dan Terios merupakan proyek bersama Toyota dan Daihatsu. Rush baru juga ternyata masih keluaran pabrik Daihatsu. Artinya, baik Rush dan Terios dilahirkan di pabrik Daihatsu. Mesin NR-Series yang digendong pun begitu.

6. Fitur Safety Lengkap

Toyota Rush baru punya fitur keselamatan lengkap. Malah bisa dibilang paling lengkap di kelasnya. Ada enam kantung udara, vehicle stbility Control (VSC) untuk traksi lebih di jalan licin dan hill start assist (HSA) yang mencegah mobil mundur saat berhenti di jalan menanjak. Masih ada lagi rem dengan ABS dan EBD, emergency brake signal (EBS), dan pengingat penggunaan seat belt untuk ketujuh penumpangnya.

7. Harga Pasti Lebih Mahal

Harga memang belum disebutkan dan dikabarkan diumumkan saat penjualan resmi dimulai pada Januari 2018. Klaimnya juga hanya mengalami kenaikan Rp 3 – 5 juta dari generasi sebelumnya. Melihat segenap pembaruan, termasuk fitur lebih beragam, wajar kalau harganya melambung. Seberapa kecilnya perbedaan dengan Rush lama, harga Rush baru pasti lebih mahal.

SUMBER  : oto.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *